Selasa, 16 Juli 2019

Plakat Akrilik Makassar

Tips Membuat Plakat Akrilik Makassar


Plakat Akrilik Makassar menjadi salah satu jenis plakat yang sangat populer di masyarakat. Bentuknya yang ringan sangat memudahkan Anda untuk membawanya. Tidak hanya itu, bahan akrilik juga membuat plakat tampak lebih mewah dan elegan. Belum lagi dengan keunggulan lain yang dimiliki bahan akrilik. Maka, tak heran jika masyarakat lebih memilih bahan akrilik dibanding bahan lainnya saat memesan sebuah plakat. 

Sebenarnya, apa yang disebut dengan akrilik itu Plakat Akrilik Makassar? Secara kasat mata, bahan akrilik mirip dengan kaca yang mempunyai penampakan jernih dan tembus pandang. Namun, karakteristik akrilik lebih unggul dibanding kaca. Bahan akrilik lebih tahan terhadap sinar matahari maupun bahan kimia, lebih mudah dibentuk, dan lebih ringan serta simpel. Bahkan, untuk membentuk akrilik tidak diperlukan keahlian khusus seperti saat membentuk kaca menjadi sebuah plakat.

Baca Juga Artikel Terkait : Tempat Terbaik menemukan Jasa Plakat

Biasanya, Plakat Akrilik Makassar berbentuk lembaran yang kemudian dibentuk sesuai dengan pesanan konsumen, dengan beberapa prosedur pembuatan. Lalu, bagaimana cara membuat plakat akrilik? Berikut ini tahapan untuk membuat plakat dengan bahan utama akrilik.
# Tahap Pemotongan Lembaran Akrilik

Maksud dari tahap pemotongan ini adalah memotong lembaran akrilik sesuai dengan desain plakat akrilik makassar yang dipesan konsumen. Untuk masalah desain plakat, bisa diperoleh dari konsumen sendiri atau sesuai dengan desain Anda yang sudah ada pada contoh plakat terdahulu. Untuk pemotongan akrilik, bisa digunakan dua cara, yaitu secara manual dan otomatis.

SECARA MANUAL
Pemotongan secara manual dapat dilakukan dengan menggunakan gergaji atau cutter. Biasanya, cara ini dilakukan jika bentuk desain yang dipesan masih sederhana, misalnya garis lurus atau lengkungan dengan radius besar. Cara pemotongannya adalah membuat gambar garis potong di atas akrilik sebagai acuan. Dalam hal ini, diperlukan keahlian khusus dan kehati-hatian agar diperoleh potongan plakat yang seragam, baik ukuran maupun bentuk, untuk semua Plakat Akrilik Makassar yang dipesan.

SECARA OTOMATIS
Pemotongan otomatis ini biasanya dilakukan dengan menggunakan mesin laser. Cara ini bisa dibilang lebih unggul dibanding cara manual, baik dilihat dari kecepatan maupun keseragaman ukuran. Cara pemotongannya adalah dengan cukup menyeting desain ke software pada mesin laser, kemudian memotongnya. Meskipun dalam jumlah banyak, plakat akrilik makassar yang dihasilkan tetap akan seragam dan waktunya sangat cepat. Namun, kekurangan dari cara ini adalah harganya yang relatif lebih mahal dikarenakan mesin laser sendiri mempunyai harga yang tidak bisa dibilang murah. Selain itu, daya listrik yang digunakan untuk mengoperasikan mesin laser juga sangat besar. Begitu juga, tambahan biaya untuk menangani gas pembuangan dari mesin laser agar tetap menyehatkan.

# Tahap Finishing Hasil Pemotongan
Setelah pemotongan lembaran akrilik dilakukan, tahap selanjutnya adalah finishing atau memoles hasil potongan tersebut. Dalam hal ini, terdapat tiga proses yang harus dilakukan, yaitu pembentukan, penghalusan, dan pemolesan.

Baca Juga : Mengatahui Plakat FIber Plakat Trophy

PROSES PEMBUATAN AKRILIK
Pada tahap ini, pembentukan plakat sesuai pesanan lebih didetailkan lagi. Lengkungan-lengkungan yang ada atau modifikasi lain pada plakat dibuat sesuai pesanan dan lebih detail. Biasanya alat yang digunakan untuk melakukan proses ini adalah mesin amplas yang sudah disesuaikan kebutuhan dan mesin gerinda.

PROSES PENGHALUSAN
Hasil pembentukan akhir di atas biasanya akan meninggalkan bekas potongan yang tidak rata dan kasar. Nah, semua bekas potongan tersebut kemudian dihaluskan secara manual. Biasanya, alat yang digunakan hanya berupa amplas dan air. Bagian yang dihaluskan tersebut akan tampak keruh atau berwarna putih keruh.

PROSES PEMOLESAN
Pemolesan dilakukan agar permukaan akrilik tampak mengkilat, tidak keruh lagi. Goresan yang terjadi pun juga dihilangkan pada proses ini. Biasanya, alat yang digunakan hanya berupa alat poles dengan cairan poles. Hasil akhir dari proses ini adalah akrilik tampak halus dan mengkilat tanpa goresan.
# Tahap Pembuatan Tulisan, Gambar, dan Pewarnaan

Pada tahap ini, gambar dan tulisan yang dibentuk dapat dikelompokkan menjadi dua berdasarkan kedalaman dimensinya. Pertama, gambar dan tulisan 2 dimensi. Pada model ini, warna dan tulisan yang terbentuk bersifat gradasi. Tekniknya menggunakan sistem sablon atau priinting. Kedua, gambar dan tulisan 3 dimensi. Model ini mempunyai kedalaman yang kecil dan tidak menghasilkan gradasi warna. Namun, jika diraba, sungguh luar biasa. Efek menyala muncul pada tulisan dan gambar plakat  akrilik makassar.


CONTOH PLAKAT BPJS DARI BAHAN TIMAH


Info Pesanan Order
Workshop : Jati Padang Utara
Jl. Ketapang Gang Duren VII No. 75 Pasar Minggu – Jakarta Selatan
Kontak : Wastim
Telepon : 021 - 78840575, 0812-8150-460
Email : putriadv@gmail.com  /  pusatplakat@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plakat Akrilik Makassar

Tips Membuat Plakat Akrilik Makassar Plakat Akrilik Makassar  menjadi salah satu jenis plakat yang sangat populer di masyarakat. Bentuknya ...